Facebook

header ads

Full Review SMAN 1 Sarolangun (2015- 2018)


SEMUA INI BERDASARKAN SUDUT PANDANG DAN OPINI SAYA
MOHON MAAF JIKA ADA KATA KATA YANG TIDAK SESUAI ATAU MENYINGGUNG ANDA

Profil Singkat


Berdiri : 1983
Alamat : Jln Tabir Raya , Kec Sarolangun Kabupaten Sarolangun
Kurikulum : K13 (2018)
Penjurusan : IPA/IPS
Waktu Belajar : Pagi ( 07:15 – 13:45 )
Akreditasi : A (2018)
Jumlah Siswa : 818 (2017-2018)
Jumlah Kelas : X IPA / XIPS | XI IPA  / XIPS | XII IPA / XII IPS | (25 lokal)
Motto : Unggul dan Berkarakter


Sinopsis


SMAN 1 Sarolangun atau disingkat SMASA SRL  , adalah salah satu sekolah terbaik di Sarolangun dan juga terbaik di Provinsi Jambi .
Sumber Google Maps (2017)                                                  

Sekolah ini memiliki 25 Ruangan Kelas yang terdiri dari kelas IPA / IPS , yang Lokal nya dibagi berdasarkan Angka

Kelas 10
X IPA : X IPA1 , X IPA2 , X IPA 3 , X IPA 4

X IPS  : X IPS1 , X IPS2  , X IPS 3 , X IPS 4
Kelas 11
XI IPA : XI IPA1 , XI IPA2 , XI IPA 3 , XI IPA 4 , XI IPA 5 , XI IPA 6
XI IPS  : XI IPS1 , XI IPS2  , XI IPS 3 , XI IPS 4


Kelas 12
XII IPA : XII IPA1 , XII IPA2 , XII IPA 3 , XII IPA 4
XII IPS  : XII IPS1 , XII IPS2  , XII IPS 3 , XII IPS 4

Lokasi 



(Sumber Google Maps )

SMAN 1 Sarolangun memiliki jarak sekitar 2 KM dari Pusat Kota Sarolangun dan hanya berjarak 500 M dari GOR Sarolangun Emas . Akses jalan lumayan baik namun disarankan untuk tidak berkendara melebihi jam 6:45 , karna jalan akan padat dan banyak anak sekolah ugal ugalan serta penduduk dan karyawan memenuhi jalan karna akan pergi bekerja hal itu bisa membahayakan pengemudi , jadi disarankan untuk sudah sampai sebelum jam tersebut .

Anda bisa milihat jalan menuju SMAN 1 Sarolangun Sangat Sempit dan dikelilingi Rumah Penduduk , jadi saya sarankan gunakan helm dan jangan mengebut karna itu membahayakan Anda dan orang lain .



Siswa
(Kelas XII IPS IV, 2017-2018 Wali Kelas Ny Evvy Manurung S.S )
|Salah satu nya disana ada mantan penulis HAHAHA, Ingat Yang paling cantik HAHAHA LOL|
Ini adalah hal yang terlucu saya tuliskan , tapi harus karna mungkin pembaca akan Nostagia atau membaca artikel ini untuk Refrensi nanti ketika baru masuk ke Sekolah ini .



( foto Penulis tahun 2017 di perpustakaan Sekolah )

Hal yang sangat kurang disekolah ini adalah daya tarik siswa untuk membaca , memang tidak semua namun sebahagian besar siswa/i akan memilih merumpi atau bermain bola ketika jam kosong , atau bermain Game . kira kira mungkin hanya 5% Siswa yang benar benar ada niat membaca di Perpustakaan ketika Jam kosong , Padahal kita tahu Perpus adalah gudang Ilmu pengetahuan . jadi saran penulis untuk siswa baru silahkan galakan membaca buku , buku apapun itu Sains , Pelajaran atau Novel , dan isilah perpus sekolah dengan kalian karna untuk apa sekolah membuat Perpus yang bagus kalo kalian hanya disana ketika Ada jam ke perpus pasti disayangkan buku disana berdebu tak terbaca atau habis dimakan rayap dan usang menguning termakan waktu tanpa tersentuh .




( Foto Penulis 2016 , Penulis yang pakai kacamata | Wali kelas Ny Farah Lukia S.H.I )

Itu adalah kelas paling di ingat penulis ketika penulis masih kelas XI IPS 2, disana ada seseorang yang sulit dilupakan haha LOL , ya Penulis adalah anak IPS , kalau menurut penulis masih banyak kesenjangan antara IPA dan IPS , mengapa ? karna guru guru tidak (Sekali lagi) tidak mampu mencari siswa IPS yang memiliki skill yang dibutuhkan , karna kenapa ? karna rata rata bisa dihitung dengan jari berapa siswa IPS yang dapat kesempatan mengikuti Perlombaan OSN , O2SN , FL2SN atau lomba lainnya kebanyakan anak IPS hanya gigit jari atau mengikuti Ekstrakulikuler lainnya seperti PMR atau Pramuka  , mungkin juga siswa IPS belum nampak bakat mereka atau sengaja mereka malas menampilkan bakat mereka .


( Muhammad David , 2016 )

Bukan seluruhnya siswa IPS gak bagus ada juga yang menonjol seperti Foto diatas , HAHAHA

Beberapa Peraturan  UMUM di SMAN 1 Sarolangun

Siswa dilarang :
a. menyimpan dan membawa senjata tajam kesekolah
b. siswa tidak diperkenankan mengunakan sepatu SELAIN WARNA PUTIH
c. terlambat mengikuti Upacara Bendera hari Senin  ( Upacara biasanya dimulai antara jam 7:20 atau 7:30 waktu bervariasi )
d. meninggalkan Perlengkapan Upacara seperti Dasi (bagi laki laki) atau Topi 
e. memanjangkan rambut melebihi 1-2 Cm ( Aturan Bervariatif)
f. membeli makan ketika jam Belaja berlangsung (Aturan Bervariatif)
g. Membawa atau memakai Rokok , Miras , Narkoba
h. menyimpan Film yang tidak sesuai klasifikasi Umurnya
i.Membangkang terhadap guru
J. Dll untuk lebih lengkapnya silahkan tanya pada Humas atau Pihak sekolah Bersangkutan

Siswa diperbolehkan :
a. membawa Laptop
b. membawa HP Senter ( atau Smartphone : Aturan bervariatif )
c. Dll untuk lebih lengkapnya silahkan tanya pada Humas atau Pihak sekolah Bersangkutan

Prestasi
kalau masalah Prestasi bisa anda baca sendiri di wikipedia yang kami edit
Profil Singkat Wikipedia Tentang SMAN 1 Sarolangun



Guru 
Semua guru di SMAN 1 Sarolangun , pada dasarnya baik namun Penulis akan memberikan TOP 5 Guru SMAN 1 Sarolangun terbaik menurut Penulis :
1. Ibu Farah Lukia S.H.I ( Guru PPKN )
ialah best guru SMAN 1 menurut penulis karna selain ia pernah jadi walikelas , ia juga guru PKN , pembimbing kami di 4 Pilar , Oh ya mau lihat foto LCC 4 Pilar silahkan lihat disini . ia guru muda Smart , Pengertian jarang memarahi penulis , tapi pernah juga sih . ia juga guru yang ngak baik tapi BAIK BANGET . kalau kalian siswa baru ingin ikut LCC 4 Pilar silahkan tunjukan bakat kalian ke ibu ini , seperti Public Speaking , Argumen kalian atau wawasan kalian tentang Indonesia dan Hukum Internasional . dan juga hati hati ibu ini guru yang Tegas jangan pernah membuat ibu ini marah atau kecewa , kalau tidak silahkan tunggu Penerimaan lapor dan tangisi penyesalan kalian .


2. Bapak Sunarto S.pd .Mpd ( Guru Geografi )

Bapak Sunarto-lah yang membuat penulis gak punya niat jadi guru , akhirnya menjadi seorang Guru . kekurangan bapak Sunarto adalah bapak sibuk , maklum dia Guru multi talent dan sekarang ia sudah jadi Kepsek SMAN 8 Sarolangun . 


2.1 Ibu Arlina Febriyanti S.pd









Buk Arlina atau Buk Lina , Guru Geografi Juga seperti Bapak Sunarto dan mereka suami istri yang multi talent dan inspirasi bagi Penulis .
3. Ibu Suci Fitria Anggraeni S.pd ( Guru Sejarah )

Buk Uci panggilannya adalah guru yang menurut kami mudah dimengerti pelajarannya , ia guru sejarah , Sejarah Kami Suka Sejarah . namun yang menurut kami kekurangan ibu Uci hanyalah kurangnya kami dikasih waktu Ngomong ketika Jam Sejarah dan Menjawab ketika Jam secarah
4 Ibu Elizar S.pd (Guru Geografi )

Tanpa ibu ini kurasa penulis bukan apa apa , ngak pernah jadi merasa jadi seperti sekarang , oh ya ibu Elizar salah satu guru penting di SMAN 1 Sarolangun karna ia adalah Wakil kepala sekolah di SMAN 1 Sarolangun . 

5. Ibu Evvy Manurung S.S (Guru Sejarah)

Wali kelas Penulis di Kelas XII IPS IV , ia guru peduli namun sedikit hm bukan sedikit namun banyak ia punya jiwa usaha luar biasa serta guru pencinta buku Novel dan mencintai Tentang Venesia, Italia . jadi kalau kalian dapat guru ini selamat anda diajar oleh guru Sejarah Kompeten di SMAN 1 Sarolangun .


Nah catatan lain ada beberapa guru yang Terkenal di SMAN 1 Sarolangun

The Killer Man

Bagi yang angkatan 2010 kebawah  pasti bakalan kenal , bukan Siswa SMAN 1 Sarolangun kalo gak kenal ni Bapak , Namanya Pak Syamsurizal M.Ag . ia guru agama Islam , ia baik dan ramah namun kadang kadang anda harus berurusan sama beliau jika anda ada kasus berat . Senjata utamanya adalah Gunting , yup beliau adalah guru yang paling dihindari apalagi ketika razia Rambut . memang salah kita kadang kadang seharusnya mengikuti aturan gaya rambut disekolah bukan gaya sesuka hati .

The Professor 
Anda tau bagaimana rasanya Dosen kesasar ngajar di SMA ? , yup dari bapak inilah pak Sumin Sutrisno S.E Mp.d , Kalau ada belajar sama beliau anda seperti berasa Belajar di bangku kuliahan , anda harus berpikir kritis , menganalisa masalah , menjabarkan pokok masalah serta mencari jalan keluar berdasarkan Teori Teori yang sudah ada plus beliau mempunyai Joke yang Lucu , Pokok nya bapak ini multi talent jadi wajar ia salah satu guru Favorit disekolah . oh ya kalau ada pertanyaan dari beliau JAWAB atau satu kelas disuruh Tugas menulis 20 Soal terus jawab sendiri . pokoknya otak anda harus diasa untuk perfikir kritis dan menjawab sesuai logika . 

Buya / Kyai / Ayah 
Tak ada yang mengenal ayah kita ini , bapak Abdullah Humaini S.ag 
guru yang benar benar idola bagi SMA , bayangkan bagaimana Stand Up Comedy digabungkan dengan Ceramah tanpa menghilangkan kesan Amanah penyampaian materi Ceramah dan tak ada yang rasa tersinggsung , Serta guru yang gak pelit ngasih nilai , serta ganteng ( Kata sebagian Siswi SMA) jujur saya betah berlama lama menunggu ceramah nya , tapi selalu beliau sampaikan ceramahnya di hari Jumat terkadang terlalu cepat . dan semua ketawa termasuk guru guru nya dan  kata yang paling terkenal dari beliau yaitu Indehoy , sedikit berkonotasi negatif tapi percayalah itu masih wajar untuk anak SMA . jadi beliau Best dan tak perlu ditanyakan lagi

The Handsome boy

Kalau soal ke gantengan kurasa gak ada yang seganteng bapak Ahmad Ziaulaq S.ag di SMAN 1 Sarolangun (2018) 
sudah ganteng baik , tajir pula hehehe tapi beliau guru yang baik , gak banyak neko dan Agamais sekali , panutan bagi kami . Bapak ini luar biasa baiknya gak memberatkan siswa dan yang jelas ngak usah takut asal kalian baik nilai kalian bakalan aman . 

The Strong
Kuat , tabah dan selalu pendorong semangat bapak ini jago bapak Toni Heryawan S.Sos
saat guru lain menumpuk tugas yang banyak cuman bapak inilah yang pengertian , terkadang kalau banyak tugas beliau hanya memberikan Mukadimah dan menyampaikan materi dan kadang juga disuruh tulis , tapi banyak juga yang mem foto daripada menulis tugas , atau bahkan ngak menulis , ketika bapak ini sibuk terkadang mengerjakan sesuatu ia rajin menitipkan tugas ke penulis dan bisa ditebak tugas di kelas kadang kadang sama satu kelas :D . tapi bapak ini gak marah , ia pengertian selain itu beliau pembina OSIS yang baik dan juga guru sosiologi yang mengajarkan untuk meneliti Fenomena tertentu yang ada dimasyarakat . 

Bunda / Bundo
Satu hal dari sososk beliau bunda Hajjah nama asli beliau adalah hmmm...
Hj Hasniarti S.pd M.pd guru Bahasa Indonesia paling disayang dipuja dan pengertian , beliau mengajarkan kami arti tanggung jawab , kerja keras dan kewajiban kata kata beliau di ibaratkan  "Sudah baca Tugas.." . tapi Bagus kalau dengan beliau setidaknya kita punya keahlian menulis .
Beauté ( Si Cantik )
Muda cantik dan enerjik , Yup ini gambaran untuk hmm dipanggil ibu terlalu tua hm nyonya hm terlalu tua , Ibu Desy Komalasari S.pd . ibu guru Biologi dan kadang guru Kewirausahaan,
Baik dan susah dijelaskan kalau ibu ini lihat saja sosmed beliau , lebih mirip artis daripada Guru heheh serta Fasionista di sekolah .

Le Charmeur ( Penebar Pesona )
Saingan Pak Zia hehe , guru Fisika ini bernama bapak Yudhi Candra S.pd atau dipanggil pak Yuchan 
Yukan , dll . beliau yang membidangi Lomba modeling , menyanyi serta lomba OSN Fisika di Sekolah . gaya berpakaian beliau mencerminkan Fashionista dan selalu Up-to date . 

The Cool

Satu satunya guru di SMAN 1Sarolangun yang jarang sekali bisa tersenyum , ia tegas , berani dan ia guru BK kami terkadang jadi guru PPKN . ia selalu menyelesaikan masalah dengan kepala dingin dan bikin masalah Clear . Salute buat ibu Dra Hj Azizah .


Banyak Guru lain yang rasanya ingin dibahas seperti Ibu Frede Harden , Ibu Emilia , Ibu Meli dan yang lain namun jika nanti banyak yang mendesak minta profil guru SMAN 1 Sarolangun lagi Insya Allah kami tulis  lagi , Sekian dulu

Penulis menuliskan ini tanpa ada paksaan dan sesuai opini pribadi penulis , kami tidak dibayar atau disuruh siapapun . mohon maaf jika ada kata yang kurang berkenaan .
Terima Kasih 

Jangan Lupa Share dan Like Fanspage Facebook kami , agar kami bahagia
Wassalam













Post a Comment

0 Comments