Facebook

header ads

Sejarah Zona Waktu Indonesia

Materi Sejarah
Kami Suka Sejarah !
Hmm,
Pelajaran ini (Mungkin) tidak akan guru Sejarah anda ajarkan ,
mungkin karna mereka lupa , menganggap tidak penting karna gak ada di Silabus Pelajaran atau mungkin mereka ngak tau Sama Sekali .
Oke , Tahun 1908
ketika Negara kita Tercinta masih bernama Hindia Belanda , Netherland- Indië (Indonesia , Now ). Jawatan Kereta Api Hindia Belanda ( Staats Sporwegen ) Kebingungan karna tidak ada waktu patokan resmi untuk wilayah Hindia Belanda yang luas itu , sehingga mereka Mengusulkan ke Pemerintah Kolonial , supaya mengusulkan pembagian zona waktu . maka Setelah melakukan Riset , Jawa Tengah dalam hal ini Semarang dijadikan patokan titik 0° , Ala Greenwich Hindia Belanda . dan dibagi menjadi setiap per 30 Menit ada zona waktu yang berbeda , dan menurut saya juga ini paling Pas karna mendekati waktu sebenarnya , Misal kalo jam 5 di Jambi maka masih gelap , nah kalau jam 5 di Surabaya udah Terang bray , memang sih zona waktu berbeda setiap 1° Bujur akan ada perbedaan 4 menit , Belajarkan Geografi ? .
Apa harus dijelaskan lagi ? , Kalo anak IPA wajar ngak tau tapi kalau anak IPS malu maluin gak tau . Kemana aja waktu jam Geografi .
Zaman Belanda Indonesia dibagi Menjadi 6 Zona waktu per 30 Menit , Yaitu : ( Menurut Peraturan Bij Gouvernment Besluit van 27 Juli 1932 no. 26 , Staatsbland .412 )
Merah +6:30 = Wilayah Aceh dan Sumatera Utara
Hijau +7:00 = Seluruh Wilayah Sumatera dan Kepulauan yang mengelilinginya terkecuali Aceh dan SUMUT .
Kuning +7:30 = Seluruh Pulau Jawa , dan Seluruh Pulau Kalimantan , Serta Pulau Pulau di sekitarnya .
Biru +8:00 = Seluruh Sunda kecil ( Kepulauan Nusa Tenggara ) dan Sulawesi termasuk sekitar pulau yang mengelilingi nya
Hitam +8:30 = Seluruh Kepulauan Maluku , Aru dan Pulau sekitarnya .
Coklat +9:00 = Seluruh Pulau Papua Barat ( Punya Belanda )
lalu datang Jepang maka zona waktu Indonesia menjadi ;
Indonesia +9:00 , Ha ? Seluruh Indonesia Ngikut Zona waktu Jepang ! bayangkan Saudara kita di Papua udah sekolah kalian yang di Sabang masih tidur nyenyak.
lalu Belanda datang lagi ...
membuat Indonesia menjadi 3 Zona waktu , Hampir Seperti sekarang , Namun waktu Itu seluruh Kalimantan berada di WITA , Bali di WIB dan selebihnya gak ada yang berubah .
bahkan setelah Belanda Kabur Sistem Zona waktu ini dipakai bahkan di Undang Undangkan melalui Keppres 243 th 1963 .
baru pada 1987 dikeluarkan Keppres no 41 Th 1987 sebagian kalimantan Barat dan Tengah dimundurkan ke WIT , sedangkan Bali dimundurkan ke WITA .
Dan anda pasti tau kenapa guru Sejarah anda tidak mengajarkannya , Karna ya RIBET .