Facebook

header ads

Kisi Kisi Sejarah Peminatan Kelas XI IPS



KISI KISI SEJARAH






AMOR SETIAWAN
XI IPS 2
SMAN 1 SAROLANGUN





Kisi kisi sejarah
SOAL I
Latar belakang revolusi amerika, revolusi prancis revolusi rusia .
A.      Revolusi Amerika
Kemenangan Inggris dalam perang laut tujuh tahun membawa dampak yangsangatbesarbagiperkembangankehidupanparakoloniselanjutnyaBagi para koloni, pengalaman perang laut tujuh tahun membuat mereka lebih berani untuk menuntut kebebasan yang lebih besar dari kekuasaan Inggris. Hal ini disebabkan dalam perang laut tujuh tahun tersebut para koloni juga ikut andil dalam kancah peperangan. Pembentukan milisi-milisi dari setiap koloni memberikan pengalaman dan keyakinan bagi para koloni bahwa mereka sanggup untuk mempertahankan keamanan daerahnya sendiri meskipun tanpa bantuantentaraInggris.
Sebaliknya, pemerintah Inggris sesudah perang membutuhkan lebih banyak lagi uang untuk mengganti kerugian perang serta untuk mengatur wilayah yang semakin luas. Untuk menambah sumber keuangan Inggris maka pemerintah Inggris memberlakukan berbagai pajak terhadap para koloni, di antaranya sebagaiberikut.
Faktor Umum
a.    Sugar Act(undang-undang gula), yaitu pemberlakuan pajak untuk mengatur perdagangan gula di daerah koloni. Melalui undang-undang ini, Inggris menetapkanpajakdanbeacukaiperdagangangula.
b.    CurencyAct(Undang-undangkeuangan),yaitupelaranganbagisetiap koloniuntukmencetakmatauangsendiri.
ytrcStampAct(Undang-undangPerangko),yaitupemberlakuanpajakbagi setiap dokumen dan surat-surat penting yang digunakan dalam kegiatan perdagangan.
d.    QuarteringAct,yaituundang-undangyangberisitentangkewajiban bagisetiapkoloniuntukmenyediakantempattinggaldankebutuhanmakanan bagitentaraInggrisyangditempatkandidaerah-daerahkoloni.

       Faktor Khusus
a.      Rakyat Amerika hanya diperbolehkan untuk membeli barang barang hasil produksi Inggris , ditentang Oleh rakyat Amerika karena mereka menganut kebebasan terutama kegiatan perdagangan  ( liberalisme Ekonomi)

b.      Kebijakan Pemerintah Inggris yang mengharuskan rakyat amerika untuk menjual hasil buminya seperti tembakau , gula dan kapas hanya kepada pemerintah  inggris , sehingga inggris dapat menentukan harga komonditas tersebut .






c.       Terbitnya famlet “ common sense” ( akal sehat ) pada 10 januari 1776 , karya seorang inggris yang bermigrasi ke amerika bernama Thomas Paine .


Common Sense Adalah famlet berisi 42 halaman  yang intinya menyatakan  ;
“ Satu satunya jalan keluar dari masalah tekanan tekanan yang dilakukan oleh Inggris adalah dengan membentuk sebuah negara Republik dan menjadi negara merdeka “



 B . Revolusi Prancis
Adapun hal-hal yang menyebabkan terjadinya Revolusi Prancis, adalah sebagaiberikut.
Faktor Umum
a.   Kemarahanterhadapabsolutismekerajaan.
b.   Kemarahanterhadapsistemseigneurialismedikalangankaumpetani, paraburuh,dansampaibatastertentu,kaumborjuis.
c.   Bangkitnyagagasan-gagasanpencerahan
d.   Utangnasionalyangtidakterkendali,yangdisebabkandandiperparah olehsistempajakyangtakseimbang.
e.   Situasiekonomiyangburuk,sebagiandisebabkanolehketerlibatanPrancis danbantuanterhadapRevolusiAmerika.
f.    Kelangkaanmakananpadabulan-bulanmenjelangrevolusi.
g.    Kemarahanterhadaphak-hakistimewakaumbangsawandandominasi dalamkehidupanpublikolehkelasprofesionalyangambisius.
h.   Kebencianterhadapintoleransiagama.
i.    KegagalanLouisXVIuntukmenanganigejala-gejalainisecaraefektif.
         
Faktor Khusus
a.      Faktor Ekonomi
b.      Lemahnya Kepemimpinan Raja Louis XVI
c.       Gaya hidup Istana yang mewah
d.      Adanya Kelas Kelas Sosial ( Feudalisme)
e.      Semakin meluasnya Ide ide Pencerahan
f.        Pengaruh Revolusi Amerika
                                                         






Pengaruhpemikiran-pemikiranbarutentangpemerintahan

Revolusi Prancis tampaknya tidak hanya digerakkan oleh faktor-faktor yang bersifat material saja. Munculnya pemikiran-pemikiran baru tentang pemerintahan memberikan pengaruh yang berarti terhadap timbulnya revolusi. Pada umumnya pemikiran-pemikiran baru (modern) tersebut lahir sebagai bentuk penentangan dan koreksi atas sistem pemerintahan yang sedang berlaku pada saat itu di Eropa, yang umumnya bersifat absolut.
Pemerintahan yang absolutdinilaisudahtidaksesuailagibagiperkembangan   amanpadasaat itu yang telah mengalami perubahan. Lahirnya pemikiran-pemikiran tersebut jugadipengaruhiolehderasnya aruspencerahan(aufklarung) yang melanda Eropa sejak abad ke-16. Hasil-hasil pemikiran tersebut di antaranya dicetuskan olehtokoh-tokohberikutini:

a.  JohnLocke(1632-1704)

JohnLockeadalah tokoh pemikir yang berasal dari Inggris. Ia mengemukakan pemikiran tentang perlunya dibangun sebuah pemerintahan yang berdasarkan dan dibatasi oleh suatu undang-undang. Oleh karena itu, sistem kerajaan yang berkembang pada masa itu perlu dilengkapi dengan adanyaundang-undangsehingganegaraberbentuk monarkiparlementer. Pemerintah menurut Locke hanyalah bertugas sebagai penjaga malamsaja, artinya biarkan rakyat diberikan kebebasan untuk berbuat, terutama yang berkaitan dengan masalah perekonomian, sedangkan pemerintah hanya menyediakanperaturandanmenindakmerekayangmelanggarperaturantersebut.
Untuk menghindari terjadinya kesewenangan dan penyelewengan dari pihak pemegang kekuasaan, perlu adanya pembagian kekuasaan. Kekuasaan perlu dibagi atas tiga bidang penting yaitu kekuasaan eksekutif, legislatif, dan federatif. Kekuasaan eksekutifadalah kekuasaan untuk menjalankan pemerintahan,kekuasaanlegislatifadalahkekuasaanuntukmenyusunundang- undangsedangkankekuasaanfederatifadalahkekuasaanuntukmengatur hubungandenganluarnegeri.

b.  JeanJacquesRousseau(1712-1778)

Jean Jacques Rousseau sebenarnya lahir di Swiss, akan tetapi sejak kecil dia hidup di Prancis sehingga tumbuh menjadi warga berkebangsaan Prancis. Rousseau dikenal sebagai tokoh yang mengemukakan teori tentang DuContractSocial yangartinyabahwanegaraterbentukatasdasarkesepakatan antara rakyat dan penguasa untuk membentuk sebuah negara. Oleh karena itu, negara harus berdasarkan kedaulatan rakyat sehingga pemerintahan yang baik adalah pemerintahan yang berasal dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.Prinsipiniyangkemudian

dikenaldengan demokrasi.Selainitu,Rousseau mencetuskan pemikiran tentang hak asasi manusia yang meyebutkan bahwa manusiapadadasarnyasejaklahiradalahsamadanmerdeka.




c.   Montesquieu(1689-1755)

Montesquie adalah seorang ahli hukum yang berasal dari Prancis. Dia terkenal dengan hasil pemikirannya tentang pembagian kekuasaan dalam pemerintah untuk menjamin agar pemerintahan tersebut tidak sewenang-wenang karena memiliki kekuasaan dalam satu tangan. Pembagian kekuasaan menurut Montesquieuyaituterdiriataskekuasaaneksekutif,legislatif,danyudikatif.
Kekuasan eksekutifadalah kekuasaan untuk menjalankan pemerintahan yangsesuaidenganundang-undangyangberlaku.Kekuasaanlegislatif adalah kekuasaan untuk membuat dan menyusun undang-undang.Kekuasaan yudikatif adalah kekuasaan untuk mengadili pelanggaran undang-undang. Pembagian kekuasaan menurut hasil pemikiran Montesquieu ini banyak diterapkan di berbagainegarapadasaatinitermasukjugadinegarakita,Indonesia.
Selain ketiga tokoh di atas, masih terdapat tokoh-tokoh pemikir lainnya yang juga mengemukakan gagasan baru tentang pemerintahan yang berdasarkan kedaulatanrakyat. Tokoh-tokohtersebutsepertiThomasHobbes,Voltaire, Diderot,D’alambert, dansebagainya
Hasil-hasil pemikiran yang dikembangkan para pemikir tadi mempengaruhi sebagian besar rakyat Prancis untuk menentang bentuk kekuasaan raja yang absolut.Halinitidakdapatdilepaskandariperankaumintelektualyangmerupakan golonganmenengahyangmenjadijembatanpenghubungantarapenguasadengan rakyat kebanyakan. Para intelektual ini seringkali melakukan aksi penentangan terhadap setiap tindakan raja yang sewenang-wenang. Selain itu di tengah rakyat, kaum intelektual memberikan pengaruh dan semangat untuk memperjuangkanhak-hakrakyatyangselamainiditindas.Padaakhirnya muncullahslogan-sloganyangmenuntuthak-hak kebebasan(liberty), persamaan (egality), dan persaudaraan (fraternite). Slogan-slogan tersebut menjadi sangat terkenal pada masa revolusi Prancis, bahkan masa sesudahnya sebagai suatubentuktuntutanrakyatakanpengakuannyasebagaimanusia.

C.      Revolusi Rusia
Pada akhir pertengahan abad ke-19, Rusia berusaha bangkit mengejar ketertinggalannya dari negara-negara Eropa lainnya. Rusia mulai mencoba melakukan revolusi Industri yang sudah berkembang di negara Eropa lainnya pada abad ke-18. Dengan menggunakan modal yang didatangkan dari negara Eropa lain, khususnya Inggris maka Rusia mencoba melakukan industrialisasi dengantempoyangdipercepat.IndustrialisasiyangditerapkandiRusiadilakukan denganmeloncatitahapan-tahapanperantara. Tanpaharusmelewatitahapan- tahapan pekerja tangan terampil dan tahapan-tahapan manufaktur seperti yang dialami oleh negara Eropa lain, secara langsung Rusia sampai pada produksiyangdimekanisasi.


Pada tahun 1905, Rusia terlibat perang dengan Jepang. Peperangan tersebut dimenangkan oleh Jepang. Kekalahan Rusia atas Jepang merupakan suatu pukulanyangterberatdansangatmemalukanbagiRusia.Selamainiada
suatuanggapandankepercayaanbahwa:   raskulitputihadalahrasyang terunggul di dunia, tetapi dengan kekalahan Rusia tersebut membuktikan bahwa ras kulit putih dapat dikalahkan oleh ras kulit berwarna. Bagi Jepang dannegara-negaraAsialainnya,kemenangantersebutsangatmenggembirakan dan dapat menggugah perjuangan mereka dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah, orang kulit putih. Sebaliknya bagi Rusia, kekalahan ini sangat memalukandanmenunjukkankelemahanRusia.
Rakyat yang kecewa dengan kekalahan Rusia tersebut melakukan aksi- aksi untuk menunjukkan protes dan kekecewaan mereka terhadap pemerintahan TsarNicholasII.Aksi-aksidemonstrasiyangdilakukanrakyatRusiadiarahkan diluaristanaMusimDingin. Aksi-aksitersebutkemudianditanggapioleh Tsar dengan menempatkan pasukan tentaranya yang kemudian melakukan pembunuhan secara massal dan kejam terhadap para demonstran tersebut. Minggu berdarah yangberlangsungdiSt.Petersburgitukemudiandianggap oleh rakyat Rusia sebagai suatu awal kebangkitan revolusi di Rusia. Bahkan adayangmenganggapperistiwainisebagaiRevolusipertamaRusia.
Peristiwa kalahnya Rusia dalam peperangan dengan Jepang dan munculnya aksi-aksiprotesrakyattidakmembuat Tsarmelakukanperubahan-perubahan. KemudianTsarmalahmenyeretRusiauntukikutdalamkancahPerangDunia I yang pada saat itu sedang berkecamuk di Eropa, dengan menggabungkan diri dalam pasukan Sekutu. Hal ini sebenarnya mendapatkan tentangan yang sangatkerasdarirakyatRusia,tetapi Tsarseakantidakmempedulikannya. Sejumlah tentara muda dikirimkan ke kancah perang dunia dan akhirnya mereka terbunuhsecarasia-sia. TidakkurangdariempatjutaorangtentaraRusia mati di kancah peperangan tersebut. Tentara Rusia yang frustasi akhirnya melakukan desersi dan melarikan diri dari kancah peperangan. Rakyat yang tidak ingin dirinya, anaknya, ataupun sanak keluarganya dikirim ke kancah perangmelakukanaksisembunyi. Akibatnyabanyakindustridansektor- sektorekonomilainnyaditinggalkan. Terjadilahkekuranganpanganyangluar biasamelandaRusia.
Faktor Umum
a.      Ketidak Puasan Terhadap Kepemimpinan Tsar Nicholas II
b.      Tsar Nicholas II sangat konservatif dan otoriter
c.       Kekacauan ekonomi pasca Perang Dunia I
d.      Munculnya Tokoh tokoh Terpelajar
Faktor Khusus
a.      Feudalisme
b.      Keterbelakangan dalam bidang Sosial dan ekonomi

Jalannya Revolusi Rusia



Para intelektual revolusioner tersebut sebagian besar telah mendapatkan pengaruh pemikiran-pemikiran sosialis yang dikembangkan olehFriedrich Engelsdan KarlMarx. Manifestokomunis(CommunistManifesto)yang dirangkum dari tulisan-tulisan Engels dan Mark tersebut dijadikan pedoman dan seolah-olah menjadi kitab suci yang akan menuntun perjuangan mereka. Derasnya arus industrialisasi telah melahirkan kapitalis-kapitalis (pengusaha/ pemilik modal) yang semakin kaya, sementara kehidupan kaum buruh semakin sengsara. Melihat fenomena demikian, orang-orang sosialis berpendapat perlu diwujudkannya masyarakat tanpa kelas untuk menjamin kesejahteraan setiap manusia. Orang-orang sosialis yang radikal akhirnya lebih cenderung ke arah komunisyangtidakmempercayaiakankekuasaanTuhan YangMahaEsa. Orang-orang yang beraliran komunis mempercayai bahwa revolusi merupakan satu-satunya cara untuk merubah tatanan kehidupan yang buruk pada saat itu.HalinibisakitalihatdarisalahsatutulisanMarxberikutini:   Buatlah kelas penguasa gemetar dengan revolusi kaum komunis. Kaum proletar tidak akan kehilangan apa-apa kecuali rantai yang membelenggunya. Mereka memiliki duniaini.Merekaakanmenang.Wahaiburuhseluruhdunia,bersatulah.
Sejak meletusnya peristiwa berdarah yang terjadi pada tahun 1905 semakin menguatkan semangat untuk segera dilangsungkannya revolusi di Rusia.Terlebih lagi dengan semakin memburuknya kehidupan sosial ekonomi masyarakat Rusia akibat keterlibatan dalam Perang Dunia I semakin memperkuat keinginan untukmelakukanrevolusidenganmenggulingkankekuasaan TsarNicholas II.PadasaatituterdapatduapartaisosialisterbesardiRusiayangsenantiasa
menjadi motor penggerak rakyat untuk melakukan revolusi. Partai tersebut adalahpartaiMolshevikdanpartaiBolshevik. Antarakeduapartaitersebut terdapat perbedaan-perbedaan yang sangat mendasar. Partai Mensyewik merupakan partai sosialis yang moderat yang beranggapan bahwa perubahan- perubahan harus dilakukan secara damai. Sementara itu, partai Bolsyewik merupakan partai yang lebih radikal yang menginginkan perubahan secara cepat,meskipundengancara-carakekerasan. Walaupunkeduapartaitersebut memiliki pandangan yang berbeda akan tetapi mereka masih dapat bekerja samakarenamemilikitujuanyangsamayaitumenggulingkankekuasaan Tsar NicholasII.
Akhirnya pecahlah Revolusi Rusia pada tahun 1917 yang terbagi dalam duafase,yaitusebagaiberikut.
a.  Revolusi Februari 1917
Revolusi Februari 1917 merupakan revolusi yang sudah lama dinantikan olehrakyatRusia.PadarevolusiFebruariinikekuasaanfeodal TsarNicholas IIberhasildigulingkan.Setelahkekuasaandapatdirebutdaritangan Tsar maka disusunlah pemerintahan Rusia baru yang berbentuk Republik Liberal dibawahkendalipartaiMensyewik,pimpinanAlexanderKerensky.
b.  RevolusiOktober1917
Tampaknyapenggulingankekuasaan TsarNicholasIIsertadibentuknya pemerintahanrepublikbarupimpinanAlexanderKerenskybukanlahmerupakan akhir dari revolusi Rusia. Sebab masih


terdapat tuntutan-tuntutan lain yang masih ingin diwujudkan oleh rakyat Rusia terutama oleh pemimpin-pemimpin sosialis yang radikal yang selama ini dianggap belum dapat diberikan oleh pemerintahanyangbaruterbentuktersebut.
Pemerintahan Kerensky yang berasal dari partai sosialis Mensyewik dinilai sangat lamban dalam mewujudkan apa yang selama ini dicita-citakan rakyat Rusia dalam revolusi. Ditambah lagi ketidakpuasan tersebut kemudian dimanfaatkan oleh kehadiranVladimirLenin yang telah kembali ke Rusia dari pembuangannya. Lenin bersama partai Bolsyewik menggerakkan rakyat yang disebutnya sebagai kaum proletariat untuk mewujudkan negara tanpa kelas.
Pada bulan Oktober 1917, pecah kembali revolusi di Rusia yang kali ini menumbangkan pemerintahan republik hasil revolusi Februari 1917. Pasca revolusi Oktober 1917, Rusia kemudian membentuk dirinya menjadi negara sosialis-komunisyangmenginginkanterwujudnyamasyarakattanpakelas.

Pengaruh Revolusi Rusia  terhadap Indonesia

Terbentuknya Partai Komunis Hindia Belanda (indishe Sociaal Democratishe Vereeniging) Oleh Henk Sneevliet pada 1914



SOAL II III IV
Mendeskripksikan latar belakang perang dunia pertama dan perang dunia kedua .
Menjelaskan sebab umum dan sebab khusus terjadinya perang dunia pertama dan perang dunia ke dua
Menuliskan tokoh tokoh serta negara yang terlibat PD1 dan PD2 ?
A.      Perang Dunia I
Kondisi Sebelum PD I
Faktor Umum
a.       Pan – Nasionalisme Slavia dan Keamanan Austria


Alasan Rusia Berperang bersama Rusia
a.       Kuatnya Tekanan dari petinggi militer rusia yang ambisius terhadap Tsar Nicholas II
b.      Tekanan yang menggandap Rusia Sekutu Utama Slavia
c.       Taktik Untuk mengalihkan perhatian bangsa rusia atas krisis ekonomi
d.      Keinginan untuk membuktikan Militer Rusia setelah kalah perang dari jepang ( Sino – Russo ) 1905



b.      Imperialisme

Imprealisme Adalah penguasaan secara politik , ekonomi dan seni budaya oleh suatu negara atau kekaisaran terhadap negara lain.
Sebab Imprealisme
-          Mencari Pasokan Bahan Mentah yang Stabil
-          Mencari Jalur Pelayaran yag aman
-          Pasar bagi Industrinya



c.       Pan –Jerman atau Panjermanisme/ pangermanimus


Pan Jermanisme adalah  sebuah gagasan dan gerakan politik yang bercita cita menyatuhkan semua negara kecil berbahasa jerman menjadi sebuah negara besar dibawah kepemimpinan kerajaan Prusia.

d.      Politik Aliansi
Triple Aliance / aliansi Tiga
Konfederasi Jerman /  Kerajaan Prussia  OTTO VON BISCMARK
Kerajaan Bersatu Austria Hongaria                 FRANZ JOSEPH
Kesultanan Turki Usmania / Ottoman            SULTAN



Triple Entente
Imperium Britania Raya              
Republik Prancis               
Kekaisaran Rusia          Tsar Nicholas II
Peta Geopolitik Aliansi Perang Dunia I








e.      Perlombaan Persenjataan
Faktor Khusus

-          Terbunuhnya Putera Mahkota Kerajaan Austria Hongaria Franz Ferdinand
-          Krisis Juli







JALANNYA PERANG

Keterlibatan Britania Raya
-          Britania raya mempunya mis yaitu melindungi Belgia karena terikat Konvensi london 1839
            Keterlibatan Amerika Serikat
-          Tenggelamnya Kapal RMS  Luisitania
-          Kebijakan Jerman yakni kapal selam tanpa batas di samudra atlantik
-          Telegram Zimmerman





















Front Perang Dunia 1

Perjanjian Perang Dunia I
a.      Perjanjian Versailes
-          Umum
o   LBB
o   JERMAN DISALAHKAN
-          Keuangan
o   Jerman Membayar £ 6.600 Juta
-          Militer
o   Heer / Weichmark menjadi 100.000 Tank Dilarang
o   Kriegmarine Memiliki 6 kapal dan U-Boat dilarang
o   Lutffwafle dilarang
o   Rhineland bebas dari pasukan Jerman
-          Teritorial
o   Dilarang Bergabung dengan Austria
o   Jerman Kehilangan Sejumlah wilayah dan koloni diambil alih LBB














B.      Perang Dunia II

a.      Tokoh PD II

b.      Sebab Perang Dunia II
Sebab Perang (Umum) oleh negara fasis
-          Jerman : Menanggung Malu karena haknya diperkosa paksa dan dipermalukan serta harga dirinya dijatuhkan , harus menanggung beban ekonomi akibat PD I .
-          Italia : Kecewa Dikhianati Sekutu karena di PD I ia bergabung dengan sekutu , yang menjanjikan daerah jajahan untuk italia di afrika , tetapi tidak pernah ditepati. Dan juga Ekspansi Ekonomi
-          Jepang : untuk menjamin pertumbuhan ekonomi yang sudah tercipta di jaman meiji
Sebab Khusus
-          Gagalnya Appeasement
-          Gagalnya LBB
o   Tidak semua negara tergabung di LBB
o   Tidak memiliki hukum kuat untuk mencegah konflik
o   Tidak memiliki tentara
o   Lambat mengambil tindakan.







Alur PD II
Teather Eropa





.,m


Front Balkan






                     







Front Timur


Hasil dari PDII
-          Berdirinya 2 negara Adidaya Baru
-          Kemerdekaan Negara di Asia Afrika dan Fasifik
-          Berkembangnya Iptek
-          Lahirnya PBB
-          Dimulainya Perang dingin










































SOAL V
Menjelaskan latar belakang lahirnya LBB / PBB serta organisasi dibawah naungan PBB .                                 
NO
NAMA ORGANISASI
BERDIRI
MARKAS
1

2

3.

4.


5.


6.


7

8.


9.

10.
International Labor Organization (ILO)

Food and Agricultural Organization (FAO)

World health organization (WHO)

United Nation Education Scientific and Cultural (UNESCO)

United Nation International Children Emergency Fund ( UNICEF)

International Bank For Reconstruction and Development / Bank Dunia ( IBRD )

International Monetary Fund (IMF)

United Nations Coference on trade and development ( UNCTAD )

United nations development program

General agreement tariff and trade
World trade organization (WTO)
April 1919

16-10-1945

7-04-1948

14- 11-1946


1946


27-12-1945


27-12-1945

1964


-

1947
Jenewa Swiss

Roma Italia

Jenewa Swiss

Paris Prancis


New York . USA


Washinton DC , USA


Washinton DC , USA

Jenewa swiss


-

-

Berawal dari visi wilson , pada juni 1945 46 negara menandatangani konfensi di san fransico . konfensi ini menjadi cikal bakal lahirnya PBB pada 24 Oktober 1945

SOAL VI
Tokoh Gerakan Pembaharuan                 
Soekarno ( Indonesia ) bapak bangsa Indonesia mendirikan PNI
Sun Yat Sen ( Taiwan ) Bapak Bangsa Tiongkok Nasionalis (Taiwan) mendirikan Kuomintang
Mao Zedong  ( RRT) Bapak Tiongkok Komunis , Pendiri PKT
Mahatmah Gadhi ( India  )  Bapak bangsa India Mendirikan All Kongres India
Rabindranath Tagore ( Bengala ) Seniman Pro kemerdekaan Berkontribusi mengusir Britania dari British Raj menciptakan 2 lagu Kebangsaan Yaitu Amar shonar bangla (Bangladesh) , dan Jana Maha gani ( India )
Mustafa Kemal Ataturk ( Turki Modern ) Bapak bangsa Turki Modern , Pemisah Agama dan negara di Turki ( Sekuler ) , Panglima Terkenal memenangkan Perang di Gallipoli melawan Inggris.

Mendeskripsikan latar belakang lahirnya organisasi boedi oetomo, indische partij ,serikat dagang islam/ sarekat islam (sdi/si) 
Boedi Oetomo : Berdiri 20 Mai 1908 Pendiri Soetomo
1.       Semakin Tingginya Kesadaran Untuk Bersatu
2.       Semakin Meningkatnya Kesadaran Indonesia Merdeka
3.       Semakin Banyaknya Orang terpelajar dan Pintar di Indonesia
Indische Partij   : Berdiri 25 Desember 1912 Pendiri tiga serangkai
1.       Menyatukan semua golongan yang ada di Indonesia asli maupun golongan Indo , China , Arab dan Campuran lainnya untuk bersatumenjadi bangsa dengan semangat nasionalisme supaya Indonesia Merdeka
Sarekat Dagang Indonesia : Berdiri tahun 1911 Pendiri H Samanhudi
1.       Reaksi anti Monopoli yang dilancarkan untuk mengurangi Imbas Monopoli Bahan baku oleh pedagan China yang dirugikan Pedagang Islam
2.       Sebagai Front Melawan Penghinaan Anti Pribumi
3.       Sebagai Perlawanan melawan Politik Krestenings Politik ( Politik Kristen ) oleh Missionaris Belanda
4.       Perkumpulan Melawan Kecurangan oleh pedagang Eropa ataupun bumi putera
5.       Melawan Segala Penindasan yang tertuju ke Hindia belanda ataupun Islam
Partai Komunis Indonesia : Berdiri 1914 Pendiri Henk Slneevliet
1.       Menyatuhkan Seluruh kaum buruh untuk menentang kapitalis yang sewena wena pada pekerja
2.       Menjadikan Negara Indonesia Merdeka , Tetapi Berideologi Komunis
               




Menjelaskan peranan pers , wanita ,partai pada masa awal pergerakan nasional
Perana Pers :
1.       Sebagai Wadah dalam menyalurkan Ide ide Tokoh nasional
2.       Sebagai Tempat untuk menyeruhkan Informasi Tentang keadaan Indonesia
3.       Sebagai Penyambung Lidah antara Pemerintah dan masyarakat
Perana Wanita
1.       Sebagai  yang melahirkan Generasi akan datang
2.       Menganti pola pikir wanita Indonesia Supaya Maju
3.       Menghimpun wanita lain untuk berkontribusi dalam membantu laki laki dalam memperjuangkan semangat kemerdekaan


Mendeskripsikan latar belakang peristiwa sumpah pemuda
Dalam rangka menyatukan persatuan dan kesatuan antar organisasi di indonesia (Pemuda)
Yang sudah ada
1.bersama untuk mengejar kemerdekaan Indonesia
2.Mengalang Persatuan dan kesatuan bangsa

Mendeskripsikan latar belakang kedatangan bangsa jepang di Indonesia , organisasi bentukan jepang  , peristiwa peristiwa penting sebelum dan sesudah proklamasi

1.       Menjadikan Asia Dibawah Perintah Jepang ,
2.       Memerangi Sekutu Utama Amerika dengan menggunakan sumber bahan bakar / minyak yang ada di Indonesia.
3.        Sebagai Btu Loncatan Menyerang markas Sekutu di Australia dan Oceania

Militer
1.       BPAR (Barisan Pemuda Asia Raya)
2.       San A sinen
                Semi Militer
1.       Seinendan
2.       Keibodan
3.       Fujinkai
4.       Suishintai
5.       Kaikyo Seinen Teishinti (Hizbullah)
6.       Gokukutai
7.       Heiho
8.       Peta








































Post a Comment

0 Comments