Facebook

header ads

Agar Tampilan Blog Menarik



بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم



Agar Tampilan Blog Menarik- Ini merupakan salah satu bagian dari artikel puluhan cara agar blog banyak pengunjung, dikarenakan ini merupakan cara mengatur tampilan blog agar nyaman di pandang, mudah dan enak di baca. Optimasi onpage pada blog seperti ini lebih dikenal dengan istilah Tipografi,
suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin.
Untuk lebih memudahkan pemahaman coba anda baca tulisan pada gambar ini sampai selesai ( klik untuk memperbesar gambar)




Apa yang anda rasakan, bagaimana kesan anda membaca tulisan dengan tampilan seperti itu? Lalu bagaimana jika tulisan tersebut mencapai 12 paragraf atau lebih? Apakah anda nyaman membacanya?

Tulisan yang semisal itu akan membuat mata cepat lelah dan membuat pengunjung malas membacanya, padahal yang kita inginkan adalah pengunjung blog betah berlama-lama membaca blog kita.

Dalam membuat blog hal ini cukup penting untuk diperhatikan, sebagaimana alasan-alasan yang di sebutkan di atas, dan mungkin akan disinggung pada sela-sela pembahasan nantinya.

Berikut ini
Cara mengatur tampilan blog agar menarik dan enak di baca
1. Perbaiki Jarak Spasi Baris dalam Satu Paragraf (Line Height)

Gunakanlah jarak spasi minimal sebesar 1.5 untuk membuat tulisan blog Anda lebih nyaman dibaca.

Caranya:
1. Buka Dashboard Blogger http://www.blogger.com
2. Klik tombol yang dilingkar merah

akan muncul beberapa pilihan ke bawah,
3. Lalu pilih Template
4. Untuk lebih aman klik tombol Cadangkan/Pulihkan pada pojok kanan atas >> Unduh Template Lengkap >> Tutup.

5. Sekarang klik tombol Edit HTML
6. Tekan CTRL dan F pada keyboard untuk memudahkan pencarian
7. Masukkan kata line-height lalu cari yang ada kata .post-body
Kira-kira seperti ini

.post-body {
font-size: 110%;
line-height: 1.7;
position: relative;

Ubah sesuai dengan selera anda, antara 1.5 sampai 2

Klik Pratinjau untuk melihat hasil perubahan, jika sudah cocok >> Pilih Simpan template
Jarak antar baris dalam satu paragraf yang terlalu lebar terkesan boros dan jarak yang terlalu dekat membuat cepat lelah mata yang membacanya.

2. Pemilihan Jenis Huruf Artikel dan Ukuran Huruf

-Pilih Font yang umum digunakan agar dapat terbaca pada semua perangkat elektronik untuk membaca blog anda semisal jenis font: Times New Roman, Arial, Verdana, Georgia, dan Arial Narrow

-Meskipun anda berkeinginan berkreasi tetapi minimal font yang digunakan cukup familiar dengan mata karena jenis font yang terlalu aneh atau unik terkadang sulit dibaca sehingga dikhawatirkan mengganggu kenyamanan pengunjung.

-Jangan menggunakan terlalu banyak jenis font. Setidaknya kita menggunakan maksimal 3 jenis font saja. Terlalu banyak jenis font akan membingungkan pembaca. Kita bisa menggunakan 1 jenis font untuk heading, satu jenis untuk teks dan satu lagi untuk subtitle/logo

-Untuk teks laman, saya sarankan untuk menggunakan font yang dirancang khusus untuk layar komputer seperti Georgia, Verdana dan Trebuchet [sementara itu yang saya tahu, jika anda tahu jenis huruf yang lain silahkan di tambahkan nanti dalam kotak komentar]. Salah satu font tersebut merupakan pilihan yang sangat baik untuk digunakan pada blog Anda.

-Jika anda menampilkan kode-kode HTML, CSS atau PHP di blog, gunakanlah monoscape font yaitu font yang memiliki ukuran lebar sama di tiap hurufnya, semisal: Consolas atau Monaco dan yang banyak dipakai adalah Courier sebagaimana yang saya gunakan pada kode .post-body di atas

Cara Mengganti Font Artikel
1. Sama dengan langkah 1-4 di atas
2. Klik tombol Sesuaikan
3. Pilih Tingkat Lanjut
4. Pada bagian Teks Laman >> Font, silahkan pilih jenis huruf yang menurut anda cukup baik dari saran di atas

Sekalian anda ubah ukuran huruf nya, paling minim gunakan 13px untuk teks laman (pos artikel), tapi usahakan menggunakan 14 px atau lebih agar bisa terbaca dengan baik karena bisa jadi yang membaca blog anda adalah orang tua yang tidak senang huruf kecil-kecil atau pengguna kacamata, hal ini dapat menyulitkan mereka dalam membaca.

Pilih juga Warna Teks yang kontras dengan warna latar (background) agar tulisan dapat tampak dengan jelas dan tidak ‘menusuk’ mata.
Meskipun kita menggunakan huruf-huruf dan penataan yang baik, tapi kalau warna latar dan teks-nya tidak kontras, maka akan sulit untuk dibaca.
5. Jika sudah semua klik Terapkan ke Blog yang ada di pojok kanan atas

Demikian Tips agar blog menarik dan nyaman di baca, dan baca juga kelanjutannya tentang cara membuat tampilan blog nyaman dibaca dengan mengatur jumlah baris dalam satu paragraf dan lebar paragraf/

Bagi yang ingin ganti template blogspot keren silahkan pilih pada situs yang disebutkan pada artikel tersebut

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِي







Post a Comment

0 Comments